KHASIAT BUAH TIIN yang terkandung DALAM ALQURAN

Kongsikan di

Khasiat buah tin sudah cukup fenomenal sekali. Tidak hanya popular di kalangan masyarakat umum saja, tetapi manfaat buah tin juga telah disebutkan dalam Al-Qur’an, tepatnya di suat At-tin 1-2.

Berikut ini firman Allah SWT dalam Al-Qur’an dan hadis berkaitan khasiat buah tin bagi manusia.

” Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)

Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:

Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan   (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad )”

KHASIAT BUAH TIIN


Meluruhkan batu karang

Khasiat daun pohon tin atau ara selanjutnya adalah meluruhkan batu ginjal. Daun pohon ara mengandung saponin dan alkaloid yang bersifat diuretik, sifatnya inilah yang dapat melarutkan kotoran dan batu pada organ ginjal secara maksimal.

Anda bisa mendapatkan khasiat daun ara tersebutr dengan merebus dan mengonsumsinya secara rutin setiap hari, usahakan sehari minimal konsumsi sebanyak 1 kali saja.


Baik untuk semua peringkat umur

Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap, membuat buah tin bisa dikonsumsi siapa saja. Baik itu mulai dari anak-anak, ramaja, dewasa, dan bahkan lansia.

Untuk anak-anak, khasiat buah tin mampu mengoptimalkan pertumbuhan mereka, sedangkan untuk remaja Anda bisa menggunakan buah ini untuk kecantikan dan diet. Buah tin bermanfaat untuk mencegah penuaan. 


Baik untuk ibu sedang hamil dan baru saja melahirkan

Khasiat buah tin bagi ibu hamil sangatlah luar biasa. Dengan kandungan berbagai nutrisi di dalamnya seperti asam folat, protein, serat, kalsium, dan berbagai mineral alami lainnya, mambuat buah satu ini cukup baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Buah tin atau ara tidak hanya bermanfaat saat kehamilan saja, tetapi kandungan zat besi dalam buah tersebut juga sangat baik untuk ibu yang baru saja melahirkan. Sebab menurut para ahli, ketika melahirkan seorang ibu akan mengalami defisiensi (kekurangan) banyak zat besi.


Merawat kesehatan dan kecantikan kulit

Kandungan coumarins diatas tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker prostat saja, namun lebih dari itu kandungan tersebut juga mampu merawat kesehatan kulit. 

Hal ini dapat terjadi karena coumarins bersifat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit menjadi rusak. bahkan kandunan vitamin C tinggi dalam buah tin juga dipercaya mampu mencerahkan kulit dengan mengoptimalkan regenerasi sel baru.


Mampu menurunkan berat badan

Buah tin kombinasi dengan susu sangat baik untuk meningkatkan berat badan, namun apabila Anda ingin menurunkan berat badan silahkan konsumsi jus buah tin saja (tanpa tambahan susu).

Menurut para ahli diet sehat seperti Dr OZ, kandungan serat terlarut dalam buah satu ini mampu mengikat lemak dalam tubuh dan membuangnya melalui sistem pencernaan.

Namun untuk mendapatkan manfaat buah tin bagi diet secara maksimal, silahkan terapkan pula dengan melakukan olahraga secara rutin.


Mengatasi gangguan sistem pernafasan

Asma merupakan gejala sesak napas yang disebabkan karena adanya infeksi peradangan pada bagian saluran pernafasan tubuh, lebih tepatnya pada bagian alveolus (saluran menuju paru).

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi jus buah tin setiap harinya. dengan kandungan antibakterial dan antiseptik, infeksi saluran pernapasan tersebut dapat teratasi dengan sangat mudah sekali.


Mengatasi sembelit

Sejak jaman dahulu kala buah tin sudah banyak digunakan sebagai herbal pelawas asli. kandungan serat yang bersifat laktasif dalam buah ini dipercaya mampu menyembuhkan sembelit kronis.

Khasiat buah tin tidak hanya mampu menyembuhkan sembelit kronis saja, tetapi dengan konsumsi secara rutin buah ini juga cukup baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan tubuh Anda.


Baik untuk pesakit Diabetes

Mungkin dokter akan menyarankan seorang penderita diabetes untuk tidak mengonsumsi makanan manis. Namun meskipun buah tin itu manis, kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah ini tidak akan membuat kadar gula dalam darah Anda naik.

Sebab selain mengandung glukosa dan fruktosa, buah tin juga mengandung serat larut dan karbohidrat. Kedua kandungan inilah yang akan menghambat proses penyerapan gula berlebih pada bagian sistem pencernaan Anda secara optimal. Bahkan, beberapa ahli menambahkan buah satu ini juga cukup efektif untuk mencegah diabetes, namun dengan syarat konsumsi tidak berlebihan.

Meskipun begitu, buah tiin mengandungi lebih banyak khasiat yang mungkin tidak kita ketahui. Oleh itu sama sama lah kita mengamalkan makan buah tiin mulai hari ini. Renung renungkan dan selamat beramal.

Sumber :cantikitu
loading...

0 Response to "KHASIAT BUAH TIIN yang terkandung DALAM ALQURAN"

Post a Comment