Mengapa Rasulullah MELARANG KELUAR WAKTU MAGHRIB??

Kongsikan di

Pernahkah kalian mendengar larangan “jangan keluar mahgrib-magrib, banyak mahluk halus”!
Bahkan larangan tersebut sangat berlaku pada anak kecil. Demi mereka bisa diam di rumah, orang tua rela menakut-nakuti anaknya dengan cerita-cerita hantu yang mengerikan. Sebenarnya, apa sebab alasan dibalik larangan keluar rumah saat maghrib itu?

Ternyata larangan orang tua tersebut bukan tidak berdasar, kerana Rasulullah Saw menjelaskan agar kita menahan diri di dalam rumah saat hari mulai gelap (maghrib) sampai waktu isya' tiba.

Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di petang hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu syaitan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, kerana sesungguhnya syaitan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula minuman dan makanan kalian dan berdzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian!"

(HR. Bukhari dan Muslim)



Pada saat hari mulai gelap, syaitan mulai datang dan menyebar mencari tempat tinggal. Beberapa tempat yang disenangi syaitan adalah : rumah yang kosong, juadah yang kosong dan terbuka, sebagian mereka berlindung diantara sekelompok manusia yang tengah berkumpul (duduk-duduk), tempat sampah, dan tempat-tempat kotor lainnya. Tak jarang pula setan menjadikan anak kecil sebagai tempat berlindung dan mengganggunya kemudian meninggalkannya, kadangpula setan menetap hingga beberapa waktu lamanya sehingga kadangkala kita bisa mendengar anak kecil menangis tanpa sebab yang jelas.

Apa yang harus dilakukan?

•    Menutup pintu dan jendela rapat-rapat saat maghrib
•    Menutup tempat makanan
•    Menahan anak-anak didalam rumah pada saat maghrib
•    Jika berada di jalan, maka perlahankan laju kenderaan
•    Bentengi diri dan keluarga dengan doa dan berdzikir
•    Ganti lampin bayi, karena syaitan suka tempat yang kotor dan najis.

Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan kita semua. Wallahualam.
Selamat Beramal

(Sumber: Kajian Lagi)
loading...

1 Response to "Mengapa Rasulullah MELARANG KELUAR WAKTU MAGHRIB??"

  1. Sekiranya umur bayi saya berumur 2bulan,boleh ke tidur waktu magrib??

    ReplyDelete